Jumat, 14 November 2008

Uji Kompetensi TI

1)internet itu adalah gabungan dari jaringan-jaringan computer dalam sekala luas dan besar dimana masing-masing computer tersebut dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan sebuah bahasa jaringan
2)Definisi : e-mail adalah sebuah pesan komputer elektronik.
Selain merupakan sebuah media komunikasi informal dengan teman-teman, e-mail juga dapat digunakan sebagai media komunikasi formal dengan organisasi dan para professional melalui sebuah jaringan komputer
3)Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
4)Manfaat Internet
Banyak manfaat yang menguntungkan yang didapatkan dari Internet baik dalam bidang bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dan lain-lain.

1. Gudang Informasi
Dengan adanya Internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka bagi kita, penyebaran informasipun semakin cepat, segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap. Informasi yang tadinya sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi. Ini semua dimungkinkan dengan adanya fasilitas Searh Engines, atau mesin pencari dalam dunia Internet, yang artinya adalah pencarian segala informasi yang kita perlukan, yang bisa saja berupa data, file, gambar, musik, maupun film.
Search engine adalah suatu Web khusus yang menyediakan pelayanan untuk mengorganisasi, menyusun Index berdasarkan kategori, dari beberapa Website yang telah mendaftarkan site-nya, serta memberikan rate berdasar dari seringnya site tersebut dikunjungi. Hal tersebut akan sangat membantu kita untuk menemukan halaman web yang kita butuhkan, cukup hanya dengan mengetikkan kata kunci pada form yang telah disediakan.
Search engine yang biasanya digunakan adalah http://www.yahoo.com, http://www.msn.com, dan http://www.yahoo.com

2. Berbelanja Online
Berbelanja dan membeli sesuatu secara instan, saat ini sangat mungkin dilakukan di Internet karena sekarang telah banyak halaman-halaman Web yang ditujukan untuk aktivitas ini, ibarat toko-toko on-line di Internet. Kita tinggal memilih produk atau jasa yang tersedia dan membayarnya secara on-line via kartu kredit, dan esoknya produk atau jasa tersebut sudah dapat hadir di depan pintu rumah kita. Ada beberapa sites yang layak dicoba untuk memulai belanja secara on-line, antara lain adalah :
 http://www.fastncheap.com yang menyediakan layanan pembelian komputer secara Online
http://www.glodokshop.com yang menyediakan layanan pembelian komputer secara Online
http://www.bekas.com yang menyediakan layanan pengiklanan penjualan barang-barang, mulai dari rumah hingga Komputer.
 http://plaza.msn.com yang menyediakan layanan belanja on-line untuk buku-buku, cassette, CD dan VCD, pakaian dan asesorisnya, komputer dan barang-barang elektronik, dan sebagainya.
http://www.amazon.com yang menyediakan pembelian buku secara online.

3. Berita-berita
Sekarang tidak lagi membutuhkan waktu menunggu hingga pagi, hanya untuk membaca berita, banyak sudah halaman-halaman Web yang menyediakan berita-berita dunia secara up-to-date dan selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada. Berita-berita yang tersaji dalam halaman-halaman Web tersebut pun terbilang lengkap, mulai dari berit-berita olahraga, politik, keuangan, cuaca dan sebagainya. Site-site menarik tersebut antara lain :
http://www.detik.com, Web Site berita yang mengupdate beritanya setiap beberapa menit, menyajikan berita-berita aktual ditanah air.
http://www.jawapos.co.id, Merupakan Official website dari koran Jawa Pos.
http://www.kompas.com, Merupakan Official website dari koran Jawa Pos.
MSNBC http://www.msnbc.com, Sebagai salah satu site terpopuler tentang berita-berita diseluruh dunia.
Untuk mengetahui berita cuaca seluruh dunia, kita dapat membuka site The Weather Channel (http://www.weather.com), disamping berita tentang cuaca dunia, disini pun dapat memperoleh peta-peta khusus daerah atau negara AS.
SPN Sportszone (htttp://espn.sportszone.com) yang menyajikan berita seputaran olah raga di seluruh dunia, lengkap dengan score-score yang up to date untuk pertandingan sepak bola dunia, misalnya.

4. Perpustakaan
Selain hal-hal tersebut diatas, Internet juga menyediakan fasilitas Perpustaakan Online, yang berupa kumpulan-kumpulan Web sites dari perpustakaan kelas dunia. Dalam Site ini kita dapat memperoleh buku-buku yang dapat kita baca secara online maupun offline (setelah kita download terlebih dulu) secara gratis, buku-buku tersebut mulai dari ensiklopedia, Novel, Iptek, dan sebagainya. Tentunya tidak semua buku yang kita inginkan tersedia secara gratis, ada beberapa yang harus kita beli secara online yang biasanya transaksi tersebut dalam bentuk transaksi kartu kredit. Berikut ini adalah beberapa Web sites penyedia Perpustakaan Online tersebut :
 (http://onlinebooks.library.upenn.edu/ )
 (http://perpustakan-online.blogspot.com)

5. Pendidikan
Salah satu website yang ada di Internet yang dapat membantu kita mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan kita adalah Website yang mengkhususkan pada Informasi seputar Pendidikan. Salah satunya adalah website dengan alamat: www.apasich.com. Website ini bermuatan lokal dan mencakup seluruh informasi, data serta statistik yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan dunia Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan di Tanah Air kita.
5)Linus Torvalds dilahirkan di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 28 Desember 1969. Dalam usianya yang ke 10, Linus mulai berkecimpung di dalam pemograman komputer, dengan menggunakan komputer milik kakeknya, Commodore VIC-20. Komputing pun menjadi hobinya. Pada tahun 1988 Linus diterima menjadi mahasiswa di University of Helsinki, Finlandia. Pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemograman C pertamanya. Pada tahun 1991, Linus membeli PC pertamanya,dan dia tidak puas dengan sistem operasi pada komputernya. Saat itu, komputernya menggunakan MS-DOS (Disk Operation System, sistem operasi buatan Microsoft), tapi Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX, seperti yang digunakan pada komputer milik unversitasnya. Akhirnya, dia memutuskan untuk menciptakan versi yang bisa digunakan unuk PC dari UNIX. Kerja keras selama berbulan-bulan menghasilkan cikal bakal dari sistem operasi yang dikenal sebagai Linux, yang kelak delapan tahun kemudian dikembangkan menjadi apa yang dikatakan oleh banyak pengamat sebagai ancaman bagi raksasa Microsoft yang sangat dikenal dengan sistem operasi Windowsnya.
6)langkah - langkah dalam membuat blog di blogspot :

Untuk membuat blog di blogspot anda harus mempunyai Account di gmail, jika belum punya account silahkan buat dulu di http://www.gmail.com/ dan ikuti langkah - langkahnya.


Setelah punya account gmail silahkan anda kunjungi http://www.blogger.com


Setelah anda berada pada halaman depan situs blogger silahkan lihat ke sebelah kanan layar paling atas, di sana terdapat Menu Dropdown, klik pilihan bahasa menjadi bahasa indonesia agar bahasa yang di gunakan lebih mudah untuk di mengerti.


Setelah bahasa yang di gunakan sudah berubah menjadi bahasa indonesia, silahkan klik gambar anak panah bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA di bagian kanan bawah.


Setelah keluar halaman baru, silahkan isi formulir yang ada :
Alamat email = isi dengan alamat email yang telah anda buat tadi, contoh : jalancerdas@gmail.com.
Ketik ulang alamat email = isi dengan alamat email yang tadi di masukkan (harus sama).
Masukkan sebuah password = isi dengan password atau kata kunci yang anda inginkan. contoh : 12345678.
Ketik ulang sandi = tulis kembali password atau kata kunci yang tadi di masukkan. Contoh : 12345678.
Nama Tampilan = isi dengan nama yang ingin di tampilkan di blog anda nanti. contoh : jalan cerdas.
Verifikasi kata = isi dengan tulisan yang di tampilkan saat itu.
Beri tanda centang / cek pada kotak kecil di samping tulisan “Penerimaan Persyaratan. Atau anda bisa membaca duhulu syarat dan ketentuan dari blogger.
Klik gambar anak panah yang bertuliskan LANJUTKAN.
Isi kembali formulir yang ada :
Judul Blog = isi dengan judul blog yang di inginkan. Contoh : Tempat Belajar.
Alamat blog = isi dengan alamat blog yang dinginkan (tanpa spasi). Contoh : jalancerdas .
Klik link Cek Ketersedian untuk melihat apakah alamat yang di masukan tadi masih tersdia atau tidak, karena jika orang lain sudah memakainya maka alamat tersebut tidak bisa kita pakai.
Klik gambar anak panah bertuliskan LANJUTKAN.
Pilih Template yang sesuai dengan anda (nanti bisa di ganti kembali).
Klik gambar anak panah bertuliskan LANJUTKAN.
Setelah muncul tulisan bahwa Blog Anda telah di ciptakan!, klik gambar anak panah bertuliskan START BLOGGING.
Setelah masuk halaman POST, di sarankan di isi apa saja dulu untuk menghindari robot anti spam blogger. Tulis judul, misal : Ini Blog Saya. Kemudian isi halaman postnya, Misal : Ini adalah tulisan blog pertama saya, hehe.....
Klik tombol MEMPUBLISKAN POSTING.
Klik tulisan di jendela baru, untuk melihat seperti apa blog anda.
Selesai.
7)Windows:
-Kompatibel dgn berbagai software.
-Harga tinggi.
-Tampilan friendly dan soft.
-Proses akselerasi tidak stabil.
-Pengunaan bahasa umum dan luas.
-Keamanan tdk aman, sering diserang.
atau Kelebihan dan kekurangan dari ketiga software berikut : Software :Anti Executable Standard Version Kelebihan :- Mampu mencegah aplikasi2 yang berformat exe,dll,vbs, dan semua extension yang mengandung sebuah aplikasi,
8)LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah sistem
komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleksgedung
atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum
seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya
adalah pemilik LAN itu sendiri.
9)Cara Membuat Email Dengan Yahoo
Tulisan dengan judul cara membuat email ini ditulis untuk orang yang baru pertama kali menggunakan internet dan belum mengetahui bagaimana caranya membuat sebuah account email di internet. Pada tulisan kali ini akan diberikan contoh pembuatan email di yahoo.co.id. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka browser anda seperti firefox, internet explorer atau opera dll, kemudian ketik alamat berikut http://mail.yahoo.co.id dan selanjutnya pada browser anda akan tamapk seperti gambar berikut ini :



Setelah itu klik pada tombol daftar sekarang. Selanjutnya anda akan dibawa ke sebuah bentuk form atau formulir yang tampak sebagai berikut:



Setelah itu isilah data-data yang perlu dimasukkan. Sedangkan untuk ID yahoo dapat anda isi dengan kata-kata tertentu yang akan anda jadikan sebagai alamat email anda nantinya dan kata-kata tersebut dapat berupa susunan abjad atau kombinasi dengan angka, salah satu contohnya spt aris99_bekasi@yahoo.com

" wiH
10)Seiring dengan perkembangan lingkungan bisnis yang rumit dan lingkungan yang dinamis tuntutan terhadap pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi adalah sudah menjadi kebutuhan perusahaan untuk memperoleh kemudahan-kemudahan.
2008 November 13 17:26

Tidak ada komentar: