Jumat, 23 November 2012

BUSSINESS PLAN KEWIRAUSAHAAN



PERUSAHAAN KEBUTUHAN PELAYANAN dan JASA IT
“Sourire Production”
Businness Plan

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Manajemen dan Kewirausahaan



TI SE 7C
Disusun Oleh :
Ikhsan Andriyana N.                       (109091000003)



PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
JURUSAN SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
2012 M / 1434 H





LOGO PERUSAHAAN
PT. SOURIRE PRODUCTION







PERUSAHAAN KEBUTUHAN PELAYAN IT
1.       Tentang Perusahaan
A.      Perusahaan
PT. Sourire Production ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan IT Developer. Perusahaan ini mengembangkan produk – produk pada bidang IT baik pada samrtphone ataupun pada PC yang sekarang sedang berkembang serta emmberikan pelayanan jual beli di bidang E-Commerce. Pada halnya perusahaan ini dibagikan pada beberapa bidang IT, diantaranya iyalah :
a.       Sourire Software & Website
b.      Sourire Shop
c.       Sourire Multimedia
d.      Sourire Care
Dari beberapa bagian tersebut kami akan melayani dengan penuh senyuman yang sesuai dengan Nilai – nilai  perusahaan PT. Sourire Production “Smile, Creative, Innovative,n Self-Discipline.” 

B.      Kepemilikan
Perusahaan ini dimiliki oleh seorang mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Semester 7 Jurusan TI, yang mana mahasiswa tersebut memiliki tekad untuk memajukan produk IT yang sekarang semakin berkembang baik pada PC atau Smartphone. Dan perusahaan ini merupakan perusahaan terbuka baik dan dapat bekerjasama didalamnya.
C.      Sejarah Perusahaan
Perusahaan jasa ini bernama PT. Sourire Production, karena kata Sourire tersebut artinya Senyum (dari bahasa Prancis) yang maknanya “Setiap apa yang perusahaan layani harus dihadapi dengan senyuman yang penuh semangat dan disiplin.
Sourire Production ini berdiri pada 10 Oktober 2012, yang didirikan oleh “IKHSAN ANDRIYANA NURJAMAN” yang berasal dari anak seorang Pegawai Negeri Sipil yang ingin mengembangkan bidang jasa produk IT untuk terus berkembang.
D.      Lokasi dan Fasilitas
Lokasi perusahaan tersebut terletak di daerah Kabupaten Ciamis Jalan Jendral Soedirman no. 133 Ciamis 46211. Dengan Fasilitas yang baik dengan lokasi yang signifikan dalam berbisnis Produk IT. Dengan kantor yang telah dimiliki oleh pemilik perusahaan PT. Sourire Production.
Fasititas yang kami berikan sangat menyamankan konsumen sehingga dapat memuaskan baik pada produk dan juga pada pelayanan tempat yang kami berikan kepada konsumen yang datang langsung ke lokasi kantor PT. Sourire Production.
E.       Produk /Jasa
PT. Sourire Production memiliki 4 divisi dalam bidang jasa produk IT
a.       Divisi 1 : Sourire Software & Website


b.      Divisi 2 : Sourire Shop

c.       Divisi 3 : Sourire Multimedia



d.      Divisi 4 : Sourire Care

2.       Visi Misi dan Tujuan
Perusahaan Sourire Production memiliki tujuan, yang mana tujuan tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan dengan senyuman, untuk memberikan pelayanan yang baik kepada client ataupun konsumen. Visi dan misi dari PT. Sourire Production
Visi :
Menjadikan perusahaan yang unggul dalam pelayanan dengan penuh senyuman
Misi :
a.       Menjadi mitra terpercaya untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dan meningkatkan produktivitas
b.      Secara berkesinambungan menyediakan produk dan jasa yang berkualitas tinggi serta memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik dan cepat
c.       Memberikan pelayanan dengan penuh senyuman
Nilai – nilai :
Smile, Creative, Innovative,n Self-Discipline.
Motto :
“spirit to achieve the purpose you the best”

3.       Organisasi Perusahaan 



Organisasi ini memiliki 4 divisi, yang mana dari setiap divisi tersebut diberikan wewenang yang berbeda untuk memfokuskan setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap masing – masing divisi. Sedangkan pada Manager Keuangan dibedakan dari setiap divisi untuk mengurus pendapatan dan penghasilan pada perusahaan, namun di dalam divisi 1 diberikan wewenang karena perhitungannya terdapat dari setiap kerjasama dengan client. 
e.      Divisi 1 : Sourire Software & Website
Pada divsi ini melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan software dan website dengan jaminan mutu interface dan kualitas hasil yang kreatif untuk membuat client puas pada pelayanan yang kami berikan. Dan kami melayani software dan mengembangkannya pada PC ataupun smartphone. Sehingga ikut andil dalam pengembangan di bidang dunia IT.
f.        Divisi 2 : Sourire Shop
Sourire Shop melayani segala hal mengenai pembelian produk IT. Selain lengkap perusahaan memiliki kualitas yang baik, cepat dan terpercaya. Divisi ini akan memberikan solusi dalam kebutukan produk – produk IT berupa komputer, laptop, software PC dan perangkat keras (hardware)PC dengan layanan yang profesional dengan harga yang yang terjangkau dan bersaing dalam pelayanan dan jasa.
g.       Divisi 3 : Sourire Multimedia
Divisi 3 melayani hal yang berbentuk multimedia yang mana dari multimedia tersebut diberikan beberapa layanan, yaitu :
-          Desain Graphic,
-          Fotography &Video,
-          Percetakan.
Dari layanan tersebut perusahaan memberikan pelayanan yang berkualitas dengan hasil yang memuaskan untuk client. Untuk terjalinnya mitra yang lebih baik pada pelayanan dan jasa yang kami berikan
h.      Divisi 4 : Sourire Care
Sourire Care memberikan pelayanan Maintenance Dan Service pada produk IT berupa komputer atau laptop untuk menjadikan PC anda menjadi baik dan lebih bagus dalam penggunaannya. Dan kami lakukan dengan cepat, tepat dengan senyum yang kami berikan.
4.       Target
Kami menargetkan pelayanannya untuk para pengguna budget dan pengguna produk IT yang mana ada di beberapa kalangan dari pengguna diantaranya
a.       Pelajar
b.      Pengusaha
c.       Karyawan
d.      Buruh
e.      Pelaku Usaha IT
Yang mana dalam setiap target yang kami tujukan memberikan pelayan yang baik, kreatif, inovatif serta pelayanan dengan senyuman hangat dari setiap karyawan untuk memuaskan keadaan dan pelayanan yang kami berikan.
5.       Strategi Perusahaan
A.      Strategi yang akan kami lakukan dalam pelayanan dan jasa, diantaranya :
a.       Memfokuskan pada keunggulan penyediaan jasa dan pelayanan kebutuhan IT
Fokus dalam melakukan pelayanan yang akan diberikan kepada pelanggan/konsumen untuk memberikan hasil yang memuaskan sesuai dengan tujuan serta visi dan misi Perusahaan PT. Sourire Production
b.      Peningkatan pelayanan dan jasa yang diberikan oleh karyawan dengan penuh senyum
Meningkatkan pelayanan dengan baik sesuai dengan Motto PT. Sourire Production “Spirit to achieve the purpose you the best”  dengan pelayanan yang penuh dengan senyuman dari setiap karyawan kepada konsumen atau pelanggan.
c.       Inovasi dan kreatif pada produk, serta meningkatkan kualitas produk
Inovasi dan kreatif setiap pelaksanaan akan memberikan manfaat yang baik dalam meningkatkan produktifitas dan menjadikan hasil yang sangat baik untuk dapat memuaskan konsumen PT. Sourire Production di setiap produk yang kami berikan.
d.      Perhitungan kontrak jangkan panjang dan jangka pendek pada sistem manajemen resiko
Setiap kontrak yang dilakukan akan memberikan kejelasan serta bentuk kontrak yang akan dilakukan antara perusahaan dengan client, sehingga terciptanya hasil dan dapat menyelesaikan manajemen resiko yang terjadi saat melaksanakan pelayanan dan jasa dalam kontrak proyek.
e.      Secara  konsisten melakukan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia
Melakukan peningkatan mutu kepada karyawan dengan cara memberikan pelatihan yang diberikan perusahaan untuk mencapai target yang ditentukan, serta dapat menjadikan karyawan yang disiplin untuk melaksanakan peraturan yang ada dalam perusahaan.
Padahal ini pejabat perusahaan sangat berperan penting untuk tercapainya suatu tujuan yang akan menjadikan perusahaan maju serta dapat meningkatkan Sumber daya yang ada dalam perusahaan yang kemudian akan meningkatkan kualitas terhadap seluruh aspek yang berada pada perusahaan.
Kemudian sebagai perusahaan jasa dan pelayanan, PT. Sourire Production akan terus mengembangkan inovasi produk serta kreatifitas yang akan diberikan kepada client.
f.        Pengembangan keahlian serta meningkatkan jasa serta pelayanan.
Dalam halnya produk IT sangat berkembang pesat pada suatu produk. Oleh karenanya perusahaan akan terus mengembangkan keahlian yang dimiliki agar untuk selalu update disetiap bentuk produk IT baik dalam PC atau Smartphone.
Juga akan menjadikan perusahaan yang terus berkembang dalam hasil – hasil yang akan yang akan lebih baik dengan kreatifitas dan inovasi yang dimiliki.
B.      Strategi Dalam Marketing Perusahaan
Pada hal ini strategi marketing kami lakukan dengan menggunakan website e-Commerce selain itu pula kami melakukan pemasaran langsung di kantor yang kami miliki.
a.       Strategi Produk
Kebijakan mengenai produk atau jasa meliputi jumlah barang/jasa yang akan di tawarkan perusahaan, pelayanan khusus yang akan ditawarkan perusahaan guna mendukung penjualan barang dan jasa. Dengan kata lain produk yang akan dibuat juga harus dapat menghasilkan barang yang berkualitas dan bermutu.


b.      Strategi Harga
Setiap perusahaan selaly mengajar keuntungan guna kesinambungatern produksi. Keuntungan yang diperoleh ditentukan pada penetapan harga yang akan ditawarkan. Harga suatu produk dan jasa ditentukan dari besarnya pengorbanan yang dilakukan dalam menghasilkan jasa dan laba atau keuntungan yang diharapkan.
Oleh karenanya harga dalam perusahaan kami akan memberikan harga yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan juga sesuai dengan apa yang terjadi pada pasar dagang saat ini dan selanjutnya. Sehingga perusahaan dapat menghasilkan keuntungan, sehingga tercapainya target penghasilan PT. Sourire Production disetiap divisi yang telah dibagi – bagi dari perusahaan
c.       Strategi promosi
Dalam hal ini strategi yang dilakukan dengan cara mempromosikan pada periklanan, publikasi. Sehingga perusahaan dapat mencapai hasil dari promosi tersebut.
6.       Perencanaan
A.      Rencana Penjualan
Dalam perencanaannya PT. Sourire production melakukan penjualannya langsung face to face dengan konsumen, dengan tujuan agar tercapainya suatu target yang telah ditentukan sehingga menjadi keuntungan dengan baik. Kemudian selain itu, perusahaan akan melakukan penjualan dengan menggunakan e-Commerce dalam sebuah website yang telah disediakan oleh perusahaan.
Selain itu pula, perusahaan melakukan promosi dengan cara melakukan periklanan baik secara langsung ataupun menggunakan media maya berbentuk website ataupun publishing via sosial networking. Karena banyaknya persaingan, perusahaan pun terus melakukan penjualan baik secara terang terangan atau pun di belakang layar guna dalam pencapaiannya perusahaan dapat menjadikan konsumen puas dalam pelayanan yang kami berikan.


B.      Rencana Keuangan
Dalam rencana keuangan ini diatur pada bentuk jasa yang kami berikan kepada konsumen karena bila prosuk yang kami buat secara langsung kami membutuhkan keperluan pertimbanangan Penjualan yang harus di masukkan ke dalam proposal yang dibuat oleh misalnya Divisi 1 melakukan proposal pengajuan perangkat lunak dengan keperluan dana Rp. 150. 000.000,00 dengan keperluan perangkat dan gaji yang harus diberikan kepada karyawan dan yang lainnya.
Kemudian dana yang harus dikeluarkan dan pendapatan yang didapat harus sesuai dengan target yang dicapai oleh perusahaan. Sehingga tidak terjadinya kerugian / depisit yang terjadi dalam perusahaan.
Pada perencanaan keuangan tersebut kami akan melakukan rekapitulasi dan biaya Start Up agar terdapat pendataan keuangan yang real dan relevan yang akan dilaporkan, baik kepada Manager Executive ataupun Director.
Dibawah lembaran ini akan dilampirkan bentuk perhitungan rekaputilasi masukkan dan pengeluaran perbulan, perminggu dan perhari. (lapiran 1)









                                                                                   



Tidak ada komentar: